Inilah, 6 Penyebab dan Cara untuk Mengatasi Laptop atau PC yang Lemot

Gambar terkait

Semakin lama Laptop dipakai tentunya semakin lamban cara kerjanya. Hal ini disebabkan oleh adanya virus atau file-file sampah yang hinggap di Laptop kita.

Untuk kamu yang menggunakan Laptop untuk bekerja, membuat tugas dan aktifitas lainnya tentu akan menghambat aktifitas dan semakin lama waktu yang terbuang.

Sebenarnya penyebab suatu Laptop lemot sangat banyak yaitu banyaknya virus, adanya file-file sampah, terlalu banyak menginstall aplikasi dan lainnya. 

Untuk itu saya akan mengulas bagaimana cara Mengatasi Laptop atau PC yang lemot dengan mudah. Cekidot!

1. Menggunakan Antivirus

Hasil gambar untuk Antivirus top

Banyaknya virus di Laptop atau PC, tentunya akan membuat Laptop kamu lemot dan tidak bekerja secara maksimal.

Untuk mengatasi hal itu kamu harus menggunakan Antivirus untuk menghapus virus sampai ke akarnya, tentunya dengan menggunakan aplikasi antivirus yang sudah terpercaya.

2. Membersihkan File-File Sampah

Hasil gambar untuk clean junk file


File sampah berasal dari sisa aplikasi atau file yang telah kamu hapus. Aplikasi atau File yang telah kamu hapus tersebut belum sepenuhnya terhapus, untuk mengatasi hal tersebut kamu harus menggunakan beberapa aplikasi pembersih yang tersedia di Laptop atau kamu juga dapat mengunduhnya.

Sebagian besar file sampah terjadi akibat cache. Cache merupakan penyimpanan sementara yang terdapat di komputer untuk menampung berbagai macam file yang di-download oleh browser secara otomatis.

3. Jangan Menginstall Software Bajakan

Hasil gambar untuk software pirated

Software bajakan terkadang banyak terselip oleh virus yang tidak kita ketahui. Banyak software bajakan di luar sana menyediakan yang gratis akan tetapi keamanannya tidak terjamin dan berbahaya. Akibatnya Laptop kamu menjadi sangat lambat.

Baca Juga : 5 Aplikasi Penting dan Free Untuk Windows Kamu

4. Menghindari Suhu Laptop yang berlebihan

Hasil gambar untuk overheat laptop

Laptop terkadang mengalami panas yang berlebihan atau Overheat. Hal ini membuat laptop sering shutdown. Jika tidak segera di atasi, dapat berakibat pada penurunan performa, bahkan bisa menyebabkan laptop tidak awet. 

Untuk mengatasi hal itu, kamu harus membersihkan filter atau heat sink atau kamu bisa menambahkan kipas tambahan untuk Laptop.

5. Update Driver

Hasil gambar untuk nvidia driver

Driver berguna sebagai jambatan untuk perangkat keras yang kamu gunakan dengan komputer. Sebagai contohnya jika kamu memasang VGA. tentunya kamu harus menggunakan driver VGA. Agar kerjanya maksimal maka kamu harus meng-update driver tersebut secara berkala.

6. Menghapus Software yang tidak diperlukan

Hasil gambar untuk delete application windows

Kapasitas Hardisk yang penuh akan memaksa laptop bekerja lebih keras, untuk itu kamu harus meng-install aplikasi atau software yang seperlunya saja, agar Laptop atau PC kamu tidak lemot.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi Laptop atau PC lemot yang mudah. Cara diatas bisa kamu terapkan di rumah atau kamu bisa meminta bantuan kepada orang yang berpengalaman di bidang komputer.


Semoga Bermanfaat :)